IAIN TAKENGON BERIKAN PEMBEKALAN KEPADA RATUSAN MAHASISWA KKN KOLABORATIF

Redaksi | Selasa, 09 Feb 2023   08:04:29 WIB dibaca 146 x komentar 0  Liputan
IAIN TAKENGON BERIKAN PEMBEKALAN KEPADA RATUSAN MAHASISWA KKN KOLABORATIF

Gambar : Pembekalan Mahasiswa KKN Kolaboratif IAIN Takengon

Menghadapi persiapan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif tahun 2023, IAIN Takengon menyelenggarakan pembekalan (coaching) Kolaboratif KKN yang diadakan di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, (08/02/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dari 4 Perguruan Tinggi yakni IAIN Takengon, STIT Bustanul Arifin, STIT Syekh Saman Al-Hasan Gayo Lues, dan Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh.

Pada kegiatan pembekalan ini mahasiswa mendapatkan pembekalan terkait materi yang diperlukan pada saat terjun ke masyarakat. Adapun beberapa meteri pembekalan yang disampaikan yaitu materi terkait ‘Membangun Desa dalam Mengatasi Stunting dan Kemiskinan Ekstrim’ yang disampaikan oleh Camat Kecamatan Ketol Iwan Sejahtera, S.Ip., M.Si. Materi terkait ‘KKN Sebagai Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat’ disampaikan oleh Ketua STIT Bustanul Arifin, Yusrol Hana, S. Pd.I., MHI. Pembekalan terkait materi ‘Sosial Entrepreuneurship Mengatasi Krisis Sosial dan Ekonomi’ disampaikan oleh praktisi bisnis yaitu Sadikin, SH. Sementara itu terkait ‘Program Kerja KKN Tahun 2023’ disampaikan oleh Dr. Abidah. M.Pd dan ‘Teknis Pelaporan dan Penilaian KKN 2023’ disampaikan oleh Dr. Ahmad Solihin Siregar, MA.

Melalui kegiatan pembakalan ini diharapkan para mahasiswa dapat lebih siap dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di lokasi penempatan yang sudah ditetapkan. Sehingga nantinya kegiatan yang dilakukan dapat berdampak positif dan bermanfaat untuk masyarakat setempat. Pembekalan ini dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 8 – 9 Februari 2023.

Adapun tahun 2023 ini mahasiswa akan ditempatkan di 3 kabupaten yaitu Aceh Tengah dengan penempatan di Kecamatan Ketol, Gayo Lues di Kecamatan Putri Betung, dan Kabupaten Bener Meriah di Kecamatan Permata.     

Kegiatan KKN Kolaboratif yang diikuti oleh mahasiswa dari 4 perguruan tinggi ini akan dilaksanakan mulai tanggal 13 Februari sampai dengan 31 Maret 2023.