IAIN TAKENGON DAN STIT SYEKH SAMAN AL-HASAN KOLABORASI KKN 2023

Redaksi | Senin, 06 Feb 2023   14:48:33 WIB dibaca 564 x komentar 0  Liputan
IAIN TAKENGON DAN STIT SYEKH SAMAN AL-HASAN KOLABORASI KKN 2023

Gambar : Kunjungan IAIN Takengon ke Kampus STIT Syekh Saman Al-Hasan Gayo Lues

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilakukan oleh mahasiswa IAIN Takengon saja, namun tahun ini akan melakukan kolaborasi dengan sejumlah Kabupaten dan Perguruan Tinggi. Sasaran program KKN Kolaboratif tahun ini akan berfokus pada pemberdayaan kehidupan social, pendidikan dan perekonomian masyarakat, serta meningkatkan keshalehan beragama masyarakat. KKN Kolaboratif yang diselenggarakan di Kabupaten Gayo Lues yakni berkolaborasi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh Saman Al-Hasan. Kedua kampus sepakat untuk melaksanakan KKN secara bersama yakni di Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues. Kesepakatan ini terjalin setelah adanya pertemuan antara IAIN Takengon yang diwakili oleh Ketua LPPM IAIN Takengon bersama tim panitia KKN dan perwakilan STIT Syekh Saman AL-Hasan Gayo Lues yang dihadiri oleh Ketua STIT bersama ketua prodi dan pegawai lainnya. Pertemuan ini dilakukan di Kampus STIT Syekh Saman Al-Hasan Gayo Lues, Kamis (02/02/2023).

Dr. Abidah, M.Pd mengatakan tahun ini memang menjadi keharusan untuk melakukan kolaborasi bersama perguruan tinggi. Hal ini untuk menjalin keakraban dan kerjasama antar perguruan tinggi di Indonesia. Melalui kolaborasi diharapkan dapat memberi manfaat dan dampak yang lebih besar bagi masyarakat setempat. 

“Pelaksanaan KKN Kolaboratif di Gayo Lues kami memilih berkolaborasi dengan STIT Syekh Saman Al-Hasan. Kedua kampus nantinya akan melibatkan perwakilan dari masing-masing kampus, baik mahasiswa maupun dosen pembimbing lapangan (DPL). Program KKN ini memungkinkan mahasiswa belajar dan bekerja bersama dengan masyarakat.” Ungkap Abidah.

Ketua STIT Syekh Saman Al-Hasan Gayo Lues menyambut baik rencana tersebut dan berharap kerjasama ini dapat mempererat kedua belah pihak, terutama dalam pelaksanaan KKN.

Mudah-mudahan program ini dapat membangun kerjasama yang lebih baik antara kedua civitas akdemika dan dapat terlaksana dengan sukses dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tengah-tengah masyarakat”. ungkap ketua STIT Syekh Saman Al-Hasan, Tgk. Jemarin, S.Pd.I, M.Pd.

Jemarin menambahkan bahwa KKN Kolaboratif ini merupakan kali pertama yang dilakukan oleh STIT Syekh Saman Al-Hasan, Gayo Lues. Diharapkan kedua belah pihak baik dari mahasiswa dan dosen dapat saling bekerjasama dan berbagi pengalaman untuk menyukseskan kegiatan KKN ini, sehingga masyarakat di lokasi KKN Kolaboratif ini dapat merasakan manfaat dari program kegiatan yang diselenggarakan.


Lihat Video: