LPPM IAIN Takengon Bekali Para Dosen Dengan Penguatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Redaksi | Kamis, 19 Jan 2023   15:43:24 WIB dibaca 224 x komentar 0  Lppm
LPPM IAIN Takengon Bekali Para Dosen Dengan Penguatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Takengon melaksanakan kegiatan penguatan dosen dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Biro Kampus Induk, Rabu (18/01/2023).

Dr. Abidah, M.Pd mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keinginan dan kemampuan para dosen di IAIN Takengon untuk melakukan pengabdian yang merupakan salah satu tridharma perguruan tinggi.

“Pengabdian ini merupakan salah satu kewajiban bagi akademisi. Mari kita bersama-sama memberi sumbangsing bagi masyarakat sesuai dengan keilmuan kita” ungkap Abidah dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut.

Penguatan Pengabdian kepada masyarakat ini menghadirkan pemateri dari internal kampus yang telah memiliki pengalaman dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Dua pemateri tersebut yaitu Sutrisno, MA dan Yunie Amalia Rakhmyta, M.Hum.

Kegiatan ini dipandu oleh Ruri Amanda, MA selaku Sekretaris LPPM IAIN Takengon dan diikuti oleh para dosen dari Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syariah, Dakwah dan Ushuluddin.

Sutrisno, MA dalam materinya menyampaikan terkait ‘Kiat Sukses dalam Pembuatan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat’. Ia mengatakan ada 3 dasar pemikiran yang penting dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, yaitu empati, impian dan tindakan.

“Kita harus peka terhadap permasalahan di masyarakat. Upayakan bagaimana caranya permasalahan yang terdapat di masyarakat ini menjadi materi penelitian dan pengabdian. Sehingga dari empati ini dapat menjadi sebuah impian untuk mencari solusi dan berakhir dengan suatu tindakan yaitu pengabdian maupun penelitian”. Ungkap Sutrisno dalam kegiatan tersebut.

Sementara pemateri kedua yaitu Yunie Amalia Rakmyta, M. Hum membahas terkait ‘Arah dan Tujuan Penguatan Paradigma Dosen dalam ABDIMAS’. Menurutnya paradigma baru dalam pengabdian kepada masyarakat saat ini salah satunya adalah melibatkan masyarakat secara langsung sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Pengabdian masyarakat dapat dilakukan bersamaan dengan penelitian atau penelitian yang dilakukan secara bersamaan pada saat abdimas.

“Program abdimas berorientasi pada upaya memberdayakan masyarakat berdasarkan jargon ‘Perguruan Tinggi sebagai Agent of change yang menempatkan masyarakat sebagai objek binaan/ pembaruan atau passive recipient” ungkap Yunie dalam penyampaian materi.

Melalui kegiatan ini para dosen didorong untuk meningkatkan kiprahnya dalam pengabdian kepada masyarakat. LPPM IAIN Takengon saat ini juga membuka penerimaan proposal pengabdian kepada masyarakat melalui pembiayaan BOPTN dan akan diterima hingga akhir Januari 2023.


Lihat Video: